BDI SMA Islam Kepanjen, " Belajar mendalami agama jangan setengah-setengah - Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amien.

Kamis, 18 November 2010

Kegiatan Sholat Ied dan Penyembelihan Hewan Qurban

BDI Smaisaka --- Kegiatan Sholat Ied dan Penyembelihan hewan Qurban dilaksanakan pada Hari Rabu, 17 Nopember 2010 sesuai dengan hari yang ditetapkan oleh Pemerintah. Kegiatan ini dilaksanakan di Mushola dan lapangan Basket SMA Islam Kepanjen.
Bertindak sebagai Ust. KH. Dr. Kholisin M.Hum. dari UM.
Isi ceramah meneladani perjuangan Nabi Ibrahim As. dan Nabi Ismail AS. yaitu sikap seorang anak  yang patuh kepada bapak dan seorang Bapak yang  melaksanakan wahyu dari Allah SWT. Selain itu, kita harus bisa lebih memanfaatkan informasi tanpa batas untuk hal-hal yang baik. Artinya bisa menyaring mana yang baik dan mana yang buruk kepada diri seorang pelajar. Karena dengan internet segala informasi sudah tersedia tanpa ada yang bisa memfilter. Sehingga kegiatan memfilter ini menjadi hak dan tugas dari pribadi seseorang.

Setelah kegiatan Sholat Ied,. dilaksanakan penyembelian hewan Qurban. Hewan Qurban yang disembelih berjumlah 2 ekor sapi dan seekor kambing. Satu ekor sapi diperoleh dari shodaqoh siswa dan seekor sapi diperoleh dari qurban 7 orang guru. Terlepas dari sah tidaknya Qurban yang sifatnya berjamaah ini adalah bagian dari pembelajaran bagi siswqa untuk selalu rela berkurban. Dan seekor kambing yang disembelih adalah infaq dari guru-guru SMa Islam Kepanjen.

Adapun pembagian hewan qurban dilaksanakan setelah kegiatan penyembelihan dan pemotongan daging diselesaikan. Daging-daging qurban ini dibagiakan kepada masyarakat sekitar SMA Islam Kepanjen , Tukang becak yang biasa mangkal di SMA Islam Kepanjen,keluarga siswa yang kurang mampu. Dari perhitungan kasar, jumlah daging korban yang dibagikan adalah 520 bungkus yang beratnya kira-kira 0,5 kg.

Hikmah dari kegiatan ini intinya adalah memberikan pembelajaran bagi siswa serta melaksanakan program sekolah dalam rangka memperingati hari Raya agama Islam. Harapannya adalah setiap siswa dan guru bisa mengambil hikmah yang baik dari keteladanan 2 orang utusan Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template